about img

Di zaman modern sekarang, manusia memiliki begitu banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Untuk mendapatkan protein misalnya, tersedia berbagai pilihan sumber protein hewani seperti daging sapi, daging kambing, daging ayam, serta ikan. Masing-masing sumber tentu punya keunggulannya sendiri.

Daging sapi diketahui menjadi sumber protein tertinggi dibandingkan dengan daging lain. Menurut USDA National Nutrient Database for Standard Reference, dalam 100 gram daging sapi terdapat 28,8 gram protein.

Kebutuhan akan protein harian memang berbeda pada setiap orang, bergantung pada aktivitasnya. Berdasarkan Dietary Reference Intakes for Energy, Carbohydrate, Fiber, Fat, Fatty Acids, Cholesterol, Protein, and Amino Acids (Macronutrients) dari Insitute of Medicine (2005), orang dewasa dengan aktivitas normal membutuhkan 0,8 gram per kilogram berat badan.

Dengan asumsi berat badan seseorang adalah 50 kilogram, maka kebutuhannya adalah 40 gram protein. Artinya, dalam 100 gram daging sapi, sudah terpenuhi 70% dari kebutuhan harian.     

Seperti diketahui, protein sangat berperan dalam pertumbuhan anak dan pembentukan massa otot. Begitu pula dengan kesehatan kulit dan rambut, karena membantu dalam pembangunan sel-sel. Karena itulah, kekurangan protein dapat menyebabkan kulit kusam dan kerontokan rambut.

Daging sapi juga diketahui memiliki kandungan zinc yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging lain seperti babi dan ayam. Dalam USDA National Nutrient Database for Standard Reference, tercantum untuk 100 gram daging paha depan (chuck) terdapat 7 miligram zinc.

Dalam jurnal Molecular Medicine (2008), artikel “Zinc in Human Health: Effect of Zinc on Immune Cells”, disebutkan bahwa zinc berhubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh kita. Perannya sangat besar dalam perkembangan normal dan fungsi mediasi sel kekebalan alami, neutrofil, dan sel NK.

Daging sapi juga merupakan sumber vitamin B12 yang amat kaya. Vitamin B12 yang hanya bisa ditemukan dari produk hewani ini sangat penting untuk metabolisme sel, menjaga sistem saraf serta produksi sel darah merah dalam tubuh. Kandungan vitamin B12-nya diketahui 6 µg per 100 gram, di atas dari daging kambing, ayam, keju atau telur.